makanan ringan dari pisang

Sudah tidak asing dengan pisang? Ya, tidak sedikit yang suka dengan pisang, inginkan dimakan langsung ataupun diubah menjadi pisang goreng, semuanya tentu suka. Bukan melulu rasa yang lezat, pisang pun terkenal bakal kandungan gizinya yang kaya. Makanya, dengan banyaknya guna ini, pisang menjadi di antara olahan yang lumayan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Nah, andai saat ini kamu beranggapan untuk membuka suatu usaha makanan, maka kamu dapat mencobanya dengan membuat ragam olahan pisang. Tidak usah bingung dengan ide ragam olahannya, sebab Bacaterus akan membicarakan beberapa ragam olahan pisang kekinian dan menarik berikut ini.

Baca juga : Manfaat Kopi
1. Pisang nugget

Di zaman canggih ini pisang tidak jarang dijadikan sekian banyak  macam olahan, tergolong pisang nugget. Pisang nugget ialah salah satu olahan berbahan dasar pisang yang dibaur dengan tepung terigu dan tepung roti yang digoreng sampai matang. Yang memisahkan pisang nugget dengan olahan pisang lainnya yakni topping. Pisang nugget seringkali dihiasi sekian banyak  macam topping yang enak dan cantik. Topping-topping itu di antaranya green tea, oreo, kacang, coklat, dan masih tidak sedikit lagi. Agar olahan pisangnya kian unik, coba pun buat pisang nugget dengan mengandalkan pisang kepok. Karena keunikannya tersebut, pisang nugget menjadi di antara jajanan hits dan kekinian di Indonesia sehingga sesuai dijadikan suatu usaha atau bisnis makanan olahan.

2. Keripik pisang

Keripik pisang ialah makanan yang tercipta dari pisang yang diiris tipis lantas dijemur supaya kadar airnya berkurang dan lantas di goreng. Keripik pisang mempunyai rasa lezat yang khas dan tak kalah enak dari keripik olahan lainnya. Keripik pisang telah menyebar nyaris di semua pulau Jawa. Saat ini, keripik olahan dari pisang telah semakin berkembang sebab telah membuat inovasi-inovasi baru dengan teknik menambah varian rasa, laksana jagung bakar, pedas, green tea, dan beda sebagainya menciptakan kripik pisang ini semakin populer dan disukai oleh tidak sedikit orang. Maka dari itu, kripik olahan berbahan dasar pisang sangat sesuai dijadikan usaha makanan olahan.

Jika Anda memungut referensi dari tulisan ini, minta kerendahan hatinya untuk menyematkan link sumber ini: bacaterus/aneka-olahan-pisang-untuk-usaha/

Botanikal tumbuhan ini tergolong subspesies dari Solanum tuberosum dan dari family Solanaceae. Ken­tang tumbuh selama 12 hingga 18 inci, dan tidak sedikit dimanfaatkan um­binya yang berada didalam tanah.

Umbi seringkali berbentu bulat, oval atau lonjong dan ukurannya sa­ngat bervariasi. Daging kentang se­cara umum berwarna cerah putih, merah mawar atau cokelat muda, tergantung pada varietas dan tekstur kelembaban. Ada varietas kentang yang mempunyai tekstur khusus laksana mentega.

Kini, olahan kentang tak melulu sebagai bahan makanan pokok saja. Kentang dapat diolah menjadi kudap­an yang enak dan lezat. Sebagai camilan, kentang dapat dimodifikasi menjadi sekian banyak  varian. Sebut saja, kroket, donat, keripik bahkan pun cake berbahan dasar kentang.

Namanya ragam olahan kentang ini juga bermacam-macam, namun nyaris ada keserupaan dari satu ne­gara dengan negara lainnya. Seperti kroket di Indonesia, olahan kentang ini di Belanda dikenal dengan nama bitterballen. Ada pun potato roschti, atau roti-nya Swiss. Perkedel di Indonesia, frikadel kalo di Belanda. Baked potatoes, kentang bakar yang lezat bila di Amerika.

Yang sangat popular dari olahan kentang ini yaitu bitterballen atau kroket di Indonesia. Asal usul kudapan ini memang berasal dari negeri Belanda. Bitterballen sendiri adalaholahan makanan yang berasal dari kentang, daging, jamur, dan bahan-bahan lainnya. Di ne­geri kincir angin itu, makanan ini tergolong ke dalam bittergarnituur, yaitu kelompok snack yang tidak jarang disajikan bareng dengan minuman beralkohol.

Bitterballen kesatu kali masuk ke Indonesia sebab dibawa oleh semua penjajah di zaman kolonial. Di samping di Indonesia, makanan ini pun populer di negara bekas jajahan Belanda lainnya laksana Suriname dan Antilla Belanda.

Secara sekilas bitter­ballen ini serupa dengan kroket. Bedanya, kroket berbentuk lonjong se­dangkan bitterballen berbentuk bulat kecil. Sebagai informasi, kroket sendiri adalahmakanan pribumi Belanda sampai-sampai wajar bentuknya serupa de­ngan bitterballen.

Perbedaan lainnya yang bisa Anda temukan dengan gampang ada­lah bahan penciptaan dan isinya. Seperti anda ketahui, kroket seringkali menggunakan kentang, wortel, dan sayuran beda seba­gai isinya. Sementara bit­terbal­len daging giling, tepung, dan pun susu cair.

Daging gilingnya itu tidak dijadikan sebagai isian, tetapi digabungkan dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya sampai-sampai teksturnya menjadi lembut dan halus. Di sejumlah negara laksana Sri Lanka, bitterballen juga diciptakan dari bahan ikan dengan rasa yang tidak banyak pedas.

Bitterbalen memang lumayan sulit ditemukan di Indonesia, tetapi untuk menciptakan camilan satu ini sangatlah gampang sekali. Apalagi bila Anda datang ke Bandung, ada sejumlah resto yang menyajikan kudapan khas negeri Meneer ini. Terutama resto atau café-café yang menyajikan makanan khas zaman dulu.

Baca juga : Harga kopi Arabika
https://jualkopiarabikamantap.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makanan ringan dari sayuran

makanan pengganti nasi untuk diet